Pengertian Merger, Konsolidasi dan Akuisisi Berikut Dengan Contoh Kasusnya Lengkap

Merger, Konsolidasi dan Akuisisi
Sumber :
https://saminolani.blogspot.com/2020/06/pengertian-merger-konsolidasi-dan.html?m=1

1. Merger

Pengertian dari Merger  merupakan proses difusi atau suatu penggabungan antara dua perusahaan yang salahsatunya tetap bediri kokoh dengan nama perusahaan nya sendiri, sementara yang lain hilang atau denga semua nama dan kekayaan nya digabungkan menjadi satu dalam perusahaan tersebut.
Beikut Merupakan Contoh dari Merger :

-Merger anatara Bank Lippo dengan Bang Niaga
Dari kedua bank tersebut  masih tergolong perusahaan yang sangat kecil, kemudian  agar perusahaan atau bank tersbut dapat bersaing pada pasar global, sehingga dari itu perusahaan tersebut melakukan kegiatan merger.
Bank Duta tbk,  Bank Danamon, Bank Rama tbk, Bank Tiara, PT Bank Tamara tbk. Dan masih banyak lagi perusahaan yang melakukan merger.

2. Konsolidasi

Konsolidasi merupakan suatu kegiata antara dua perusahaan yang saling bergabung demi peraturan hukum sehingga sebagai gantinya perusahaan tersebut didirikan dengan nama yang berdeda ataupun baru walaupun dilihat secara finansial perusahaan tersebut merupakan suatu pengalihan dari aset hak dan kewajiban dari dua perusahaan tersebut, ini merupakan konsep pemasaran yang bertujuan agar bisa lebih maju.
-Contoh Konsolidasi :
1. Bank Dunia Daya BDD
2. Bank Dagang Negara BDN
Dari contoh di atas tersebut merupakan perpindahan menjadi bank Mandiri. Dari beberapa alasan tersebut merupakan suatu program rekonstruksi usaha melalui perbankan yang dilakukan oleh pemerintah negara Indonesia

3. Akuisisi 

Pengertian akuisisi merupakan  suatu pengambil alihan suatu perusahaan atau usaha, pemindahan kepemilikan atau pengendalian atas suatu saham atau aset dari suatu perusahaan oleh perusahaan lain.
- Contoh perusahaan yang melakukan akuisisi 
1. Aqua di akuisisi oleh Danone
2. BenQ di akuisisi oleh Siemens



0 Response to "Pengertian Merger, Konsolidasi dan Akuisisi Berikut Dengan Contoh Kasusnya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel