Contoh Proposal Usaha Ayam Geprek | Study Kasus
sumber : www.pixabay.com/infopedia
A. Latar Belakang
Ayam geprek ialah makanan ayam goreng tepung ciri khas Indonesia yang diulek atau dihaluskan bersama sambal membajak. Sekarang ayam keprek sudah jadi sajian terkenal yang bisa diketemukan di sebagian besar kota besar di Indonesia, tapi asal-usul ayam keprek datang dari kota Yogyakarta
Geprek ialah istilah dengan bahasa Jawa yang memiliki arti "dipukul", "didesak", atau "dihaluskan", karena itu ayam keprek memiliki arti "ayam yang dipukul". Sajian ini serupa dengan masakan Jawa tradisionil ayam geprek, karena ke-2 nya ialah sama ayam goreng yang dipukul dan didesak memakai ulekan dan digabung dengan sambal.
Bedanya ialah, ayam geprek ialah ayam goreng tradisionil Jawa yang diungkep dengan bumbu kuning, selanjutnya dimasak rendam dalam minyak goreng panas. Sementara ayam keprek lebih serupa dengan ayam goreng style barat (wajar disebutkan fried chicken Amerika), yaitu ayam goreng tepung yang gurih yang dilapis dengan adonan tepung terigu saat sebelum dimasak.
Selainnya berlainan tipe ayam gorengnya, langkah penyuguhannya juga berlainan. Ayam geprek dipukul dan didesak memakai ulekan sampai gepeng, selanjutnya sambal diberi di atas ayam itu. Sementara ayam keprek bukan hanya dipukul dan didesak, tetapi diulek sampai dagingnya lepas dari tulangnya dan bersatu bersama dengan sambalnya. Hingga proses penyuguhan ayam keprek tepat dengan proses pembikinan sambal-sambal tradisionil seperti sambal tempe.
Ayam geprek jadi peristiwa terkenal, bersamaan dengan adanya banyak gerai yang menyuguhkan makanan ini di Indonesia di tahun 2017. Asal-usul ayam keprek berawal di kota Yogyakarta, hasil kreativitas Ruminah atau dikenali sebagai Bu Rum. Di tahun 2003, Bu Rum disuruh oleh konsumen setianya untuk menambah sambal ulek di atas ayam goreng tepungnya Sajian ayam goreng tepung yang dilumat bersatu sambal ini jadi terkenal, selanjutnya banyak restaurant yang lain mengikuti sajian ini, dan jadi semakin terkenal di semua Indonesia.
B. Usaha Ayam Geprek
Pada bagian ini, kamu dapat menerangkan berkaitan background pendirian usaha ayam keprek ini. Misalkan, usaha ayam keprek ini dibangun karena banyak warga yang tertarik sama ayam keprek itu. Ini dapat kamu tunjukkan dengan adanya banyak toko-outlet dan warung ayam keprek di semua Indonesia.
Karena kesempatan upayanya lumayan besar, karena itu kamu merencanakan untuk jalankan bisnis ini dengan variasi baru dari ayam keprek . Maka, tidak cuman dipadankan dengan bermacam sambal ciri khas Indonesia, tapi kamu dapat memadukannya dengan sauce sambal seperti sauce keju, dan yang lain. Gagasan inovatif itu menjadi daya magnet konsumen untuk coba ayam keprek bikinanmu.
C. Keunggulan dan Tipe Produk Usaha Ayam Geprek
Keunggulan dari produk ayam keprek ini ialah opsi sambal berlainan dari semua Indonesia dan dapat disamakan dengan hasrat masing-masing. Lantas, tipe produk usaha ayam keprek ini dibikin secara inovatif supaya bisa sesuai lidah semuanya orang, dimulai dari kelompok muda sampai kelompok dewasa.
D. Operasional Usaha Usaha Ayam Keprek
1. Input
• Bahan baku yang diperlukan terbagi dalam, daging ayam, cabe, dan rempah-rempah.
• Bahan simpatisan terbagi dalam perlengkapan untuk menggoreng sampai menyuguhkan ayam keprek.
• SDM atau Sumber DayaManusia yang terdiri beberapa karyawan atau pegawainya.
2. Proses
a. Tingkatan Pembikinan Produk
Di sini, kamu dapat menerangkan berkaitan tingkatan pembikinan ayam keprek untuk dipasarkan. Dimulai dari penyuguhan bahan baku yang aman, higienis dan terbebas dari segala hal yang tidak dibolehkan.
b. Pengendalian Daging Ayam geprek
Dalam tingkatan ini, terangkan berkaitan bagaimana triknya kamu mengurus ayam keprek itu. Dimulai dari langkah pemangkasan daging ayam sama sesuai jatah, langkah menambahkannya dengan bermacam rempah-rempah, proses penggorengan, sampai penyuguhan untuk customer. Yakinkan jika ayam keprek selalu hangat supaya memperoleh kesan-kesan baik dari customer yang membeli.
c. Waktu Produksi/ Pemasaran
Usaha ayam keprek ini akan beroperasional tiap hari, dimulai dari jam 08.00 sampai 21.00 WIB.
3. Output
Output usaha ini datang dari ayam keprek sendiri sebagai produk favorit di sini. Dalam pada itu, kamu dapat menarget jika pemasaran setiap harinya sekitaran 150/hari.
E. Taktik Marketing Usaha Ayam Keprek
Di dalam proposal, kamu harus masukkan taktik marketing supaya usaha ayam keprekmu bisa mengalami perkembangan dengan cepat. Ini dapat menjadi arti khusus karena faksi pemberi modal tentu tertarik sama usaha yang mempunyai taktik marketing pas dan jamin.
Ada banyak taktik yang dapat kamu pakai untuk marketing usaha ayam keprek ini, yakni seperti berikut:
1. Buat Usaha Ayam Keprek Berlainan Atau Inovatif
Usaha ayam keprek yang membuat seorang berminat untuk beli dan coba, dapat dilaksanakan dengan membuat berlainan dan mempunyai nilai inovatif. Misalkan, kamu memberi variasi sambel dengan tingkat berbeda. Yakinkan juga jika kualitas ayam keprekmu sudah tentu baik, aman dan sedap saat di makan.
Kamu bisa juga menambah bermacam topping tambahan yang makin menambah ayam keprekmu kelihatan memikat, seperti menambah variasi topping keju, mayones, sampai sauce telur asin yang sedang trending.
2. Jual Makanan Sambilan supaya Penghasilan Makin Naik
Selainnya jual produk khusus, yakni ayam keprek, kamu dapat jual makanan sambilan supaya penghasilan makin besar. Makanan sambilan yang dapat kamu jual bersama dengan ayam keprek yakni, jamur krispi, usus goreng, tahu, tempe dan lain-lain.
3. Layani Customer dengan Ramah
Taktik marketing ini sebagai hal paling penting yang perlu kamu kerjakan. Pastikanlah kamu layani customer secara ramah dan selalu memberi servis terbaik ke mereka . Maka, customer akan nyaman belanja pada tempat usahamu, lalu ajak beberapa temannya sampai jadi konsumen setia masih tetap.
4. Kerjakan Promo di Bermacam Media Sosial
Taktik ini tidak kalah juga penting pada proses marketing yang kamu kerjakan. Upayakan untuk lakukan promo secara baik di bermacam sosial media yang kamu punyai, seperti Facebook, Instagram, Line, Whatsapp, dan ada banyak kembali.
D. Gagasan Bujet Ongkos Usaha Ayam Keprek
Terangkan berkaitan biaya anggaran usaha ayam keprek yang kamu butuhkan. Umumnya, bujet ini terbagi dalam:
a. Modal Produksi Setiap hari
• Daging ayam 20kg = 500.000
• Tepung tapioka atau terigu 50kg = 400.000
• Beras 50 kg= 500.000
• Cabai 5kg = 200.000
• Gas LPJ isi ulangi 5 tabung = 85.000
• Kecap 2 ltr = 20.000
• Tomat 2kg = 20.000
• Bawang putih 3kg = 60.000
• Minyak goreng 10L = 150.000
• Sayuran 5kg = 50.000
• Telur 20kg = 400.000
Jadi keseluruhan modal produksi setiap hari ialah Rp.2.385.000. Sementara untuk modal/bulannya sekitaran Rp.2.385.000 x 30 = Rp.71.550.000.
b. Modal Investasi
• Kompor gas 4 unit = 600.000
• X Spanduk 3 unit = 210.000
• Talenan 2 unit =30.000
• Tempat sauce atau kecap 20 unit = 100.000
• Wajan besar 4 unit = 800.000
• Penjepit daging 6 unit = 150.000
• Cobek 3 unit = 150.000
• Pisau besar 3 unit = 150.000
• Pisau kecil 4 unit = 10.000
• Sendok masak besar 4 unit = 120.000
• Lampu neon 12 unit = 360.000
• Meja 20 unit = 6.000.000
• Brosur promo 3 rim = 1.500.000
• Tabung gas 4 unit = 600.000
• Kursi 40 unit = 1.200.000
• Mesin kasir 1 unit = 2.000.000
Maka keseluruhan untuk modal investasi ialah Rp.13.980.000. Sementara, untuk keseluruhan semua modal ialah Rp.38.386.000.
Baca Juga :
Berikut Cara Membuat Proposal Usaha Terlengkap
Cara Membuat Proposal Usaha Ternak Ayam Kampung
Contoh Proposal Usaha Sosis Panggang Mudah dan Lengkap
0 Response to "Contoh Proposal Usaha Ayam Geprek | Study Kasus"
Post a Comment