Motivasi Pendidikan Paling Sederhana dan Mudah di Praktikan

Motivasi Pendidikan Paling Sederhana


 BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Motivasi didasarkan pada kata motif yang dapat diartikan sebagai kekuatan pendorong yang ada pada manusia atau seseorang untuk melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan. 

 Pemahaman yang diungkapkan oleh Mc. Donald mengandung tiga elemen atau karakteristik utama dalam motivasi, yaitu:

1. perubahan energi

2. ditandai dengan perasaan 

3. dirangsang karena tujuan


BAB II

PEMBAHASAN

A. Memahami, mencari, dan mengkategorikan motivasi perilaku pada manusia.

A. Para ahli mendefinisikan dengan cara yang berbeda, tetapi kontennya sesuai dengan maksud yang sama, 

adalah sebagai berikut:

1. Kekuatan atau kekuatan

2. Situasi dan kesiapsiagaan yang kompleks pada individu

B. Motivasi muncul dan tumbuh dengan cara

1. Berasal dari dalam diri Anda atau secara individual 

2. Berasal dari lingkungan sekitar

A. Motif Utama

Menunjukkan motif yang tidak dipelajari, untuk ini sering juga digunakan istilah dorongan. 

Jenis motif ini dibedakan menjadi:

A. Impuls fisiologis yang bersumber pada kebutuhan organis termasuk kelaparan, pernapasan, seks, kegiatan, dll.

B. Dorongan umum dan motif darurat, 


B. Motif Sekunder

Menampilkan motif yang berkembang pada individu karena pengalaman, dan dipelajari ke dalam kelompok-kelompok berikut:


A. Ketakutan dipelajari 

b. Motif sosial

c. Motif objektif

d. Niat dan aspirasi

E. Motif prestasi 


B. Dinamika adalah proses perilaku manusia

ada 3 aspek yang mendukungnya:

1. Negara bagian yang memotivasi

Terjadinya kesiapsiagaan sebagai akibat dari perasaan kebutuhan jaringan atau sekresi, hormonal dari dalam organisme atau tergantung pada hal tertentu.

2. Perilaku memotivasi

 haus untuk menemukan air untuk diminum, setiap perilaku manusia berperan 

3. Organisme pulih dengan hati-hati, homostetis, kondisi seperti itu dihargai sebagai rasa senang dan kepuasan atau bantuan.

4. Terjadinya metabolisme dan penggunaan atau pelepasan kalori, eksitasi, dan sebagainya, kepuasan hanya temporal.

C. Cara meningkatkan motivasi

1. Motivasi adalah kekuatan, tetapi itu bukan substansi yang dapat kita amati. Apa yang dapat kita lakukan adalah mengidentifikasi beberapa indikator dalam hal berikut:

1. Durasi kegiatan 

2. Frekuensi kegiatan

3. Pretensi penetapan dan keterikatannya dengan tujuan kegiatan yang ditentukan.

2. Saran tentang upaya meningkatkan motivasi kerja dan termasuk pembelajaran sebagai berikut:

1. Ciptakan situasi kompetisi yang sehat

2. Melakukan pacemaking berdasarkan prinsip-prinsip yang teragradien

3. Hindari saran dan kondisi negatif.

D. Dalam proses membuat pilihan dan keputusan, konflik dan frustrasi, serta bentuk perilaku.

1. Dalam rangkaian proses pemenuhan individu secara umum menghadapi sejumlah alternatif baik secara masuk maupun bertahap.

2. Setiap Individu harus membuat pilihannya di antara alternatif.

seperti faktor- faktor:


A. Kesediaan dan hati juga menentukan dalam proses seleksi dan pengambilan keputusan karena risiko konsekuensi harus ditanggung.

B. Pertimbangan untung dan rugi dari setiap alternatif diuji secara rasional

3. Individu menghadapi alternatif yang mengandung motif atau risiko kehilangan atau positif negatif yang sama kuatnya, dan proses seleksi dan pengambilan keputusan tidak dapat segera dilakukan, pada individu yang bersangkutan akan terjadi perang batin yang tidak diputuskan.

Sesuai dengan sifat motivasi atau risiko dari setiap alternatif ia akan mengalami kemungkinan:

- Mendekati konflik jika semua alternatif sama diinginkan karena mengandung risiko positif yang sama.

4. Perang batin tidak dapat diatasi, individu yang bersangkutan akan merasakan kekecewaan yang mendalam karena tujuan yang diinginkan tidak dapat dilakukan. Perasaan kecewa dan situasinya tidak tercapai tujuan yang diinginkan yaitu apa yang dalam psikologi biasa disebut frustrasi. sumber frustrasi ini adalah dalam bentuk manusia baik diri mereka sendiri maupun orang lain. 

5. Reaksi yang bersangkutan terhadap frustrasi bervariasi perilaku, tergantung pada kemampuan akal sehat.

6. Jika akal sehat berani menghadapi kenyataan, pada akhirnya mungkin dengan bantuan pesta dan cara-cara tertentu konselor, psikolog, orang tua. Tindakan ini disebut Adjusment, Penyesuaian ini dapat dilakukan dengan:


1. Mengubah dirinya dapat membuat modifikasi pada aspirasinya sehingga ia dapat menetapkan tujuan yang realistis dan bertindak secara realistis juga.


2. Ubah lingkungan, mungkin menemukan dan mengubah alternatif tetapi dapat mencapai tujuan yang diinginkan.


7. Jika akal sehatnya tidak dapat berfungsi dengan baik, perilaku yang dimaksud dikendalikan oleh keinginan emosionalnya. Penyesuaian yang salah atau salah seperti apa yang disebut maladjusment.


Kecerdasan fungsional dalam proses tindakan dapat disajikan ke dalam beberapa jenis adalah:


1. Agresi marah

2. Kecemasan tak berdaya

3. Regresi

4. Proyeksi

5. Sublimasi

6. Kompensasi

7. Berfantasi

8. Fiksasi


8. Jelas, guru memiliki tanggung jawab moral yang sangat berat jika situasi sekolah dan tindakan pada guru mengakibatkan siswa harus mengalami situasi dan berperilaku seperti di atas. 


BAB III

KESIMPULAN

Dalam hal ini peran guru sangat dibutuhkan karena peran guru sebagai motivator berdampak besar bagi siswa. Berhadapan dengan siswa yang kurang termotivasi sangat membutuhkan strategi untuk mengembalikan semangat dalam pembelajaran mereka. 



DAFTAR PUSTAKA

Abin (2000), Psikologi Kependidikan, Bandung: Remaja R.


Berikut merupakan Motivasi Pendidikan Paling Sederhana dan Mudah di Praktikan semoga bermanfaat. Terima kasih.



0 Response to "Motivasi Pendidikan Paling Sederhana dan Mudah di Praktikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel